Mengenal Ayam Bangkok Aduan Super Dari Thailand

Mengenal Ayam Bangkok

Secara umum ayam aduan sebenarnya adalah jenis ayam yang dijadikan untuk ayam petarung,. Terdapat berbagai jenis ayam aduan yang berasal dari berbagai negara seperti ayam bangkok dari Thailand, ayam saigon dari Vietnam, ayam birma dari Myanmar dan beberapa jenis ayam aduan lainnya,. Di Indonesia ketiga jenis ayam ini adalah yang paling populer dan paling banyak kita temukan peredarannya,.

Nah, disini kita akan mencoba mengenal lebih dalam tentang ayam bangkok atau juga dikenal dengan sebutan ayam bk,. Ayam ini dikabarkan masuk ke Indonesia sudah sejak lama dan dibawa oleh para pedagang dari luar,. Hanya saja kapan pastinya dan siapa yang membawa tidak bisa kita ketahui dengan pasti,. Yang jelas ayam ini sudah ada sejak zaman kerajaan yang mana para pedagang dari luar memperkenalkan ayam ini ke Indonesia,.

Saat ini ayam bk sudah beredar luas di Indonesia dan juga di luar negeri,. Kepopuleran ayam ini dikarenakan kemampuan bertarungnya yang sangat baik,. Ayam ini dikenal tangguh dan pantang menyerah dalam pertarungan,. Dari segi gaya menyerang ayam ini juga mampu memberikan pukulan yang sangat keras,. Selain itu dari segi pertahanan juga sangat apik karena memiliki fisik yang memadai sehingga mampu bertahan dengan baik,.

Hanya saja untuk mendapatkan ayam bangkok asli mungkin sangat susah,. Mengingat pada saat ini sudah banyak jenis ayam aduan yang beredar dan tidak sedikit yang mencoba untuk mengawin silangkan dengan ayam bk untuk mendapatkan keturunan yang lebih unggul,. Hal ini jelas membuat para penggemar ayam bk asli kesulitan dan jikapun ada mungkin harganya cukup mahal,. Namun tidak jarang juga ada yang rela mengeluarkan uang banyak untuk mendapatkannya,.

Baca Juga >>  Keistimewaan Ayam Wiring Kuning Menurut Kitab Primbon Jawa

Sejarah Dan Asal Usul Ayam Bangkok

Menurut informasi, ayam ini ditemukan pertama kali di China,. Pada awalnya di China ayam ini disiapkan untuk sabung ayam,. Pada akhirnya kegiatan sabung ayam ini makin meluas, sehingga orang berusaha mencari bibit-bibit unggul yang bisa diandalkan,. Saat itu orang China sudah bisa mengawinkan ayam kampung yang ada di daerah mereka dengan ayam jantan yang berasal dari Myanmar, Vietnam, India, Laos dan Thailand,. Mereka melakukan ini untuk mendapatkan bibit ayam yang benar-benar kuat sehingga bisa melunpuhkan lawannya hanya dalam satu kali tendangan,.

Pada Tahun 1960 – an di negara Laos ditemukan jenis ayam baru yang kuat dalam aduan dan bisa menandingi kekuatan ayam bangkok,. Akan tetapi setelah terjadi perkawinan silang terus-menerus dari generasi ke generasi orang sudah tidak bisa membedakan mana ayam aduan yang berasal dari Laos dan ayam bangkok yang berasal dari Thailand,.

Sementara di Indonesia ada kebiasaan atau aturan yang berbeda dengan negeri Thailand,. Di Thailand jarang ada adu ayam sampai mati. Mengapa kok bisa begitu? Karena di Thailand ada larangan menggunakan jalu atau taji ketika menyabung ayam,. Lain halnya dengan di Indonesia,. Ayam-ayam petarung dibekali dengan jalu yang tajam,. Bahkan mereka diajari cara menggunakan jalu,. Terkadang jalu atau taji ini dijadikan senjata pembunuh lawan ketika terjadi pertarungan,.

Di negara Indonesia sendiri, kebiasaan menyabung ayam sudah ada sejak zaman dahulu,. Pada zaman kerajaan Singsari dan Majapahit, kebiasaan itu sudah ada,. Raja singsari kedua, Anusapati dibunuh saat dia terlena, karena sangat berkonsentrasi ketika melihat acara sabung ayam,. Dalam cerita rakyat, banyak juga cerita yang berkaitan dengan sabung ayam,. Cerita yang terkenal di antaranya adalah Cindelaras, Ciung Wanara, dan Kamandaka,. Cerita ini tentunya muncul karena banyaknya orang Indonesia yang memiliki hobi mengadu ayam secara turun temurun,.

Baca Juga >>  Keistimewaan Ayam Wangkas Emas Menurut Kitab Primbon Jawa

Demikianlah tulisan pertama kami mengenai Ayam Bangkok Aduan Super Dari Thailand ini,. Semoga dapat menambah wawasan kita mengenai ayam aduan yang sangat populer di dunia ini,. Salam satu hobi,.

[IKLAN]
s128