Cara Merawat dan Melatih Ayam Jalon / Jalu

Melatih Ayam Jalon

Ayam Jalon  atau ayam Jalu adalah ayam yang sangat mengandalkan jalunya saat bertarung,. Ayam ini memiliki karakter pukulan yang keras serta gaya bertarung yang selalu menyerang tanpa mematuk terlebih dahulu,. Bahkan ayam jalon ini bisa menyerang secara tiba tiba yakni dengan masuk ke kolong dan tiba tiba naik sekaligus melesatkan pukulan,.

Ayam jalu sangat memerlukan kecepatan saat bergerak, sehingga tubuh ayam jalu yg ideal adalah Ringan ( tidak berlemak ) dan tidak perlu terlalu berotot / kekar,. Karena otot yg keras / kekar atau besar akan membuat ayam jalu menjadi lambat dalam bergerak sehingga kemampuan dan karakter dasarnya otomatis akan hilang,.

Disini kami akan memberikan beberapa tips dalam memelihara dan merawat ayam jalu hingga ayam menjadi ayam jalu super nantinya,. Perawatan dan latihan ini kita bagi menjadi dua bagian yakni pakan dan vitamin serta latihan senam,. Namu sebelumnya jangan lupa baca artikel kami sebelumnya tentang Cara Memilih Ayam Jalon yang sudah kami publikasikanm,. Untuk lebih jelasnya mengenai cara merawat dan melatih ayam jalu, silahkan simak penjelasan kami berikut ini,.

Pemberian Pakan Dan Vitamin

Untuk pakan ayam jalu bisa kita berikan rendaman gabah dan beras merah dengan perbandingan 3 gabah 1 beras merah,. Untuk vitamin dan jamu penambah energi, kita bisa memakai obat yang banyak dijual di apotik namun yang perlu di ingat bahwa pemberian vitamin ini jangan berlebihan karena akan sangat berbahaya bagi tubuh ayam, Vitamin yang bisa diberikan misalnya : vatigon, pil kita, hemaviton, jamu pegal linu, dan lain sebagainya. Dikombinasikan dengan protein yang cukup antara lain dengan spet telur + madu.

Latihan Senam Untuk Ayam Jalu

Sebelum penjemuran , kira kira skitar pukul 7 pagi ayam keluarkan dari bok kemudian berikan senaman senaman ringan,. Buat pelemasan otot biar tidak kaku juga untuk menambah kekuatan otot, di mulai dari leher , sayap juga kaki,.

Baca Juga >>  Doping Ayam Bangkok Sebelum DiAdu ( Doping Apotik dan Alami )
[IKLAN]
SABUNG AYAM ONLINE
  1. Senam Leher
    Senam leher sering sekali dipergunakan dalam pertarungan jarak dekat , di saat ayam berebut posisi.. Latihan otot leher sangat berguna untuk menekan tekanan leher lawan,.
    caranya adalah dengan menyangga leher ayam dengan telapak tangan kiri , lalu tangan kanan memegang bagian belakang ayam di sebelah bawah,. Kemudian angkat ayamnya setinggi 20 cm kemudian ayunkan ayam nya dengan ber iringan mundur maju,. Latihan ini dilakukan cukup 10 sampai 15 kali pada hari pertama dan tambahkan 10 kali di minggu selanjut nya.. setelah itu , di setiap latihan cukup 30 sampai 40 kali gerakan saja..
  2. Senam Sayap
    Cara melakukan senam sayap adalah dengan mengangkat satu persatu pada bagian sayap kiri dan kanan masing masing 10 kali kemudian tingkat kan 10 kali, setelah itu di setiap latihan cukup sampai 20 sampai 30 kali,.
  3. Senam Kaki
    Latihan ini sangat melelahkan, kegiatan ini di lakukan sekitar 3 atau 5 menit saja,. Efek dari latihan ini dapat membuat cengkraman ayam jadi lebih kuat serta ayam tersebut akan lebih pandai mengatur posisi dan gerak untuk melakukan penekanan terhadap lawan,.
    caranya adalah dengan menekan bagian punggung ayam sampai posisi badan mendekati lantai atau setengah mendekam kemudian dorong maju mundur,. kalau masih bingung caranya sama seperti orang push up,.

Inti perawatan ayam jalu adalah, jangan membentuk otot yg besar,. So, jangan lalukan latihan fisik berat karena berakibat kurangnya kecepatan gerak,. Latihan fisik cukup lari kiter / kurung yang bisa membentuk otot paha dan nafas secara alami,. Gebrak ringan dengan untulan ( asal loncat dan tambah pengalaman saja ) disertai umbaran,. Umbaran paling bagus untuk type Jalu sebenarnya di lepas di kebun atau halaman tanpa pembatas kandang,.

Baca Juga >>  Cara Memilih Ayam Jalon / Jalu Tipe Pembunuh

Demikianlah artikel kami tentang Cara Merawat dan Melatih Ayam Jalon / Jalu yang dapat kami berikan,. Semoga dapat berguna dan bermafaat bagi anda,.

[IKLAN]
s128